Setiap senin Malam, KPJ Ciamis mewajibkan ‘ngariung’, dan itu sudah menjadi ‘budayanya’. dan Malam Selasa (02 Desember 2019) saya tak dapat menemaninya, lalu sekitar pukul 20.00-an satu diantara mereka Menelepon mempertanyakan;

“Kok ga ada kegiatan peringatan (HAS) Hari Aids Sedunia?, ini kan Desember”

“terus Usulan kalian apa?” tanya saya

“bagusnya kita bikin Acara di terminal, siang, biar bisa test HIV buat Warga Terminal”

oke, kita ketemu besok”

Selasa siang saya bertemu mereka di Terminal. tanpa ‘coret-mencoret’ kertas, kami bahas berbagai hal, dan endingnya, HAS 2019 kami rencanakan pelaksanaannya di hari Kamis, 5 Desember 2019.

Rabu, kami berbagi Tugas. ada yang ke Dinas Kesehatan untuk meminta layanan kesehatan gratis. ada juga yang ke UPTD Terminal Ciamis (DISHUB) untuk izin tempat. juga ada yg mendesain Pamflet dan Banner, melobi si empunya Sound dan Trap. malamnya, beberapa item berhasil dipasang.

Di hari H, kami memberikan Entertainment kepada para pendengar, Warga Terminal, tak terkecuali Kepala UPTD Terminal pun menyanyikan dua buah Lagu setelah beliau memberikan sambutannya. di acara ini juga sekaligus menyelipkan Edukasi seputar HIV-AIDS, definisi, cara penularan, bagaimana pencegahan dan peniadaan Stigma terhadap ODHA. sambil acara, layanan kesehatan yg dikomando DINKES berhasil memeriksa puluhan warga terminal.

Tak Lupa, beberapa dulur-dulur dari Media Massa pun hadir di tengah-tengah kami, meliput dan menuliskannya, kami sangat terbantu untuk mengedukasi warga yang tak berkesempatan hadir di terminal.

Dulur-dulur KPJ Ciamis, bukan manusia cakap dalam berorganisasi, bukan juga yang keren dalam meretorikakan gagasan, tapi secara fungsi, mereka membuat kagum. Modal utamanya ngariung dan duduluran, maka akibatnya adalah berbagai program bisa dilaksanakannya, meskipun tanpa ‘Proposal’. saya sebagai organistatoris berhasil dibuat ‘minder’.

Ciamis, 06 Desember 2019
Deni Weje

World AIDS Day, Kolaborasi GERMAS, KPJ dan Sakola Motekar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *