Rencana anak-anak sejak malam ingin menginap di langgar yang biasa buat anak-anak sibar alhamdulillah terlaksana juga. Demikianlah dengan berbekal ijin dari orang tua, sejak sabtu malam anak-anak menginap di langgar hingga pagi menjelang subuh. Empat anak sudah bangun ketika adzan subuh berkumandang.

Seusai sholat subuh rutinitas anak-anak diteruskan dengan jalan-jalan pagi mlaku-mlaku esuk sampai alun-alun kota Kebumen. Dengan berbekal satu botol kecil air minum sembari menapaki pagi, sekembalinya dari alun-alun sambil mengamati kegiatan di perjalanan hingga kembali ke area lokasi sibar merasa menyenangkan bagaikan piknik. Ya bahagia tentu tidak harus mahal, seperti apa yang dilakukan anak-anak kali ini.

Pagi ceria ini habis mla mla e anak-anak mengamati sesuatu di sekelilingnya seperti adanya tanaman-tanaman, hewan-hewan dsb. Ada sebagian yang sudah tahu, sisanya bahkan yang belum tahu namanya apalagi manfaatnya.

Kebetulan ada satu anak yang bawa handphone maka pak Zen menyuruh untuk mencari tahu nama dan manfaat tanaman yang ada di sekitarnya dengan fasilitas internet, di sibar anak-anak juga diarahkan untuk menggunakan smartphone dengan smart seperlunya dan apa fungsinya saja supaya tidak terlalu adiktif bagi anak-anak. Informasi yang didapat semisal daun kelor yang bermanfaat buat kesehatan dsb.

Sibar kemudian diteruskan Doboch ( dolanan bocah ) tembang dolanan Jamuran dsb. Matahari mulai merangkak naik anak-anakpun pulang dengan wajah ceria merasa ketagihan karena baginya kegiatan ini dapat membahagiakan diri yang kayaknya agak sulit ditemukan di zaman milenial kini.

SIB🔺R di Bumirejo Kebumen.
Ahad, 19 Januari 2020

SIBAR | Nginep ing langgar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *