Sekolah Warga SIBAR, Untuk kali ini SIBAR tak hanya diikuti oleh anak-anak kecil, kita mulai merangkul generasi diatasnya anak-anak remaja. Anak-anak remaja ini dikenalnya bagaimana proses menanam sayuran, seperti cabai, terong, tomat dll. Karena dibeberapa titik hujan sudah jatuh dan ini merupakan musim terbaik untuk mulai menanam.

Dengan mandiri dan gotong royong anak-anak remaja kita kenalkan pentingnya tahu akan apa yang dimakan sehari-hari terutama mulai dari sayur mayur dan bumbu-bumbu dapur. Supaya nanti hasil dari tanaman ini bisa dirumah untuk mandiri dalam sayur dan bumbu dapur.

Pertemuan kali ini remaja diajak mengenal cara menanam cabe dengan model esesge subur steril dan gembur. Media tanam seperti tanah dari bawah pohon bambu, kotoran sapi / kambing dan arang sekam. Dengan mencari sendiri di sekitar rumah dan lingkungannya anak-anak dapat merasakan sendiri tahapan demi tahapan cara menanam cabe dsb.

Maka untuk selanjutnya secara alamiah muncul di benak mereka bahwa perlunya merawat tanaman tersebut dengan cara tiap hari disiram, dipupuk dan sebagainya.

Bumirejo, 1 November 2019

Mengalami proses Nandur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *