Kaligrafi di Bukit Menoreh merupakan gambaran dari beberapa penggiat GERBANG TAPAL BATAS Magelang yang berbagi pengalama Kaligrafinya. GERBANG TAPAL BATAS ini memang didirikan berbatasan antaran Magelang, Sleman dan Kulon Progo. Dengan sekolah Warga SAMUSAnya mereka berusaha berbagi dengan sesama. Kali ini program khat dan Kaligrafi khusus di wilayah Bukit Menoreh yang berada di kecamatan Kali Bawang, kabupaten Kulon Progo, Jogjakarta. Setelah beberapa kelas seperti kelas masak, hidroponik, fisioterapi dan juga kelas pertanian organik terlaksana.

Kang Arif 3dente yang mandegani Sekolah Warga SAMUSA ini berujar bahwa jika kita sibuk memperbaiki ke dalam, maka ketika kita sudah beres, kemudian mau beranjak memperbaiki yang di luar, yang di luar sudah hancur. Maka jangan menunggu! mulailah dari sekarang bersama-sama memperbaiki dalam dan luar diri kita!

Peserta adalah santri TPA Al Hikmah dengan pimpinannya adalah Bapak Afis. Santei TPA ini berjumlah sekitar 70an. Kegiatan rutin ini dilaksanakan setiap hari selasa pukul 15.00. Sebelum kelas dimulai, mereka melaksanakan sholat Ashar berjama’ah.

Tahapan yang dilakukan adalah, para peserta diharap menguasai hukum penulisan huruf arab terlebih dahulu. Karena ini adalah dasar yang sangat penting. Baru merambah ke penulisan kaligrafi dan desain gambar atau bagroundnya.

Di akhir setiap sesi, peserta diberi tugas berlatih materi yang telah disampaikan. Di Selasa pekan berikutnya akan dinilai capaian belajar di rumah.

KALIGRAFI di BUKIT MENOREH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *