Agenda rutinan ahadan Ranca🔺gé lanjut kembali, terlihat antusiasme anak dari minggu ke minggu sangat besar sekali. Untuk ahad kali ini 27 Oktober 2019 seperti biasa dari pukul 07.00-09.00 anak-anak difokuskan untuk berkegiatan di perpustakaan kecil yang ada di dusun kami (TBM Sabilul Huda), ada yang membaca, menggambar dan bercerita.

Lalu ada pukul 09.00 aktivitas dilanjutkan dengan ‘ngaguar’ kembali potensi anak-anak. Ada yang fokus dalam minat bakatnya dibidang olahraga; voli, sepakbola dan badminton. Di waktu bersamaan sebagian anak-anak mencoba memanfaatkan daun kelapa muda dibuatkan bola-bolaan yang dipakai untuk bermain boy-boy-an, membuat ular-ular an, terompet-terompet an dan gelang-gelangan. Ah sungguh momentum ini mengingtkan saya kembali waktu kecil pernah bikin ‘begituan’ hehe.

Begitulah, untuk bermain kaulinan seperti boy-boy-an, anak-anak dengan inisiatif para pegiat tidak langsung bisa ke praktek permainan, tetapi diarahkan dulu bagaimana proses membuat bola-bola an tadi dengan menggunakan daun kelapa muda.

Kegiatan tadi pagi pun ternyata harus pindah lokasi, yang awalnya di halaman perpustakaan karena lokasinya kurang luas, siangnya pindah ke lapang sepakbola, lokasinya tidak jauh dari perpustakaan tadi. Ternyata benar, anak-anak bisa lebih leluasa lagi ‘ulin-ulinan na’.

Intinya ‘ulin’/bermain bersama anak-anak sungguh menyenangkan, bisa tertawa bersama, senang-senangan bersama. Harus sabar ‘ngapingna’ sabar melayaninya, itu yang paling penting.

Sukses untuk semuanya, salam seduluran 😘
Salam Ranc🔺gé…
Rancah-Ciamis, 27 Oktober 2019

Andi Rosmayandi

Boy-boynan Rancage

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *