“Belajar Kem’Inggris” Pertemuan ke 8

Malem kali ini sedikit berasap. 30 meter dari teras kelas Rinjani Siji ada yang membakar sampah sejak sore ,dan si asap masih juga betah berlama-lama di sekitar rumah. Setidaknya asap itu bisa kita olah sebagai bentuk ucapan rasa syukur bahwa kita masih setiap hari menghirup udara tanpa asap, hanya sesekali ini saja tak selalu. Bayangkan saudara-saudara kita yang ada di Kepulauan Riau sana, sudah berapa bula, seberapa banyak asap yang terpaksa di hirup, seberapa tebal kabut, seberapa perih mata menahannya.

Salah satu siswa datang lebih awal, ber-gowes-ria, riang gembira. Tepat selepas adzan maghrib tak lama menyusul anak-anak yang lain dan sekalian saja sholat berjama’ah. Di pertemuan ke 8 ini bertambah 1 anak bergabung namun 3 anak izin karena sakit. Disela padatnya jadwal kegiatan anak-anak di sekolah, tak menyurutkan meraka untuk mau belajar kem’inggris di tempat kang Alan Syahid.

Seperti biasa kelas di buka dengan ummul qur’an 3 x dan di tambah 3 surat pendek pada Juz Amma. Kemudian kelas berlanjut dengan teknik “melatih lidah”. Membiasakan lidah anak-anak dengan kalimat, simbol dan suara yang sama, beserta tips and trick agar tidak salah baca, meskipun tidak tahu artinya, it works!, ternyata anak-anak suka!

” The Fat Cat Sat on the man’s black hat”…”Tim bit a bit of kitty’s biscuit”…

Mereka baca dengan keras dan bersemangat. Masing-masing anak harus memberikan 1 contoh kata dengan suara yang sama.

Target pertemuan kali ini adalah berani bercerita kegiatan sehari -tanpa teks tentunya- dan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana dari teman-teman lain yang mendengarkan anak didepan, lalu mental build tahap ke tiga.

Mula-mula anak bercerita kepada pasangannya, lalu saling bertanya setelah masing-masing 5 menit bercerita. Setelah itu anak-anak digabung menjadi 1 group kecil (berisi 3-4 anak), bergantian bercerita dan bertanya.

Sesi tanya jawab adalah yang paling menarik, karena mereka pasti ingin tahu apa-apa yang di kerjakan dan yang tidak di kerjakan teman nya. Puncak nya ketika 2 group kecil di gabung jadi 1 (6-8 anak) lebih rame dan lebih seru.

Learning effectively must be having fun!” dan 90 menit pun berasa sangat singkat. Let see what’s happening in the next meeting!

SW Rinjani SiJi
Kelas “Belajar Kem’Inggris” Setiap hari Senin & Kamis
Pukul 19.30- 20.30 WIB
Jalan Rinjani Gg 1 no 134 Rt 006 Rw 016 – Sidanegara – Cilacap Tengah

Belajar Keminggris #8

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *